Prodi telekomunikasi d3

Profil Program Studi Telekomunikasi D3

Sejarah

Politeknik adalah lembaga pendidikan vokasi yang bertujuan menyiapkan lembaga-lembaga kerja pada level menengah dan memiliki ketrampilan tertentu. Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) telah dipercaya oleh masyarakat Sulawesi Selatan dan sekitarnya selama 28 tahun terakhir untuk mendidik putra-putri Sulawesi selatan khususnya dan Indonesia umumnya mengikuti pendidikan pada bidang keteknikan dan nonketeknikan pada jenjang diploma tiga dan empat.

Politeknik Negeri Ujung Pandang merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Sulawesi Selatan. Perguruan tinggi ini didirikan pada tahun 1987 dengan nama Politeknik UNHAS (merupakan bagian dari Universitas Hasanuddin). Pada awalnya, Politeknik UNHAS membuka empat jurusan pendidikan diploma 3 yaitu :

–       Jurusan Teknik Sipil

–       Jurusan Teknik Listrik

–       Jurusan Teknik Kimia

–       Jurusan Teknik Mesin

Setahun kemudian dibuka dua jurusan baru pendidikan Diploma 3 yaitu :

–       Jurusan Teknik Konversi Energi

–       Jurusan Teknik Telekomunikasi

Memasuki tahun ajaran 1992/1993 diadakan reorganisasi di lingkungan Politeknik UNHAS yang sebelumnya terdiri atas enam jurusan di bidang rekayasa dan satu jurusan non rekayasa diubah menjadi empat jurusan rekayasa yaitu Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin serta dua jurusan bidang Tata Niaga yaitu Administrasi Bisnis dan Akuntansi.

            Sepuluh tahun kemudian sejak didirikan, yaitu pada tanggal 28 April 1997, Politeknik UNHAS berubah nama menjadi Politeknik Negeri Ujung Pandang dan dikelola secara mandiri. Hal ini dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 082/0/1997. Pada tanggal 27 Oktober 2005 dibuka program studi Diploma IV untuk Program Studi Akuntansi Manajerial berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No. 3760/D/T/2005 dan selanjutnya Program Diploma IV Administrasi Bisnis, Program Diploma IV Teknik pembangkitan Energi, Program Diploma IV Teknik Komputer dan Jaringan, Program Diploma IV Teknik Manufaktur Mesin, Program Diploma IV Teknik Sipil, Program Diploma IV Teknik Makanan Kimia, Pada tanggal 24 Januari 2011 dibuka program studi Diploma IV untuk program studi S1 Terapan (D4) Teknik Listrik berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No : 24 /D/O/2011.

            Adapun hal yang melatarbelakangi penyelenggaran Program Diploma IV Teknik Listrik di Politeknik Negeri Ujung Pandang sebagai berikut :

  1. Banyaknya permintaan pasar terhadap karyawan yang lulus dengan kualifikasi kompetensi bidang teknik listrik dengan level diploma IV
  2. Belum adanya institusi pendidikan di Kawasan Timur Indonesia yang  melaksanakan jalur pendidikan vokasi program diploma IV bidang teknik listrik.
  3. Adanya masalah krisis energy listrik di Kawasan Timur Indonesia terutama Sulawesi Selatan yang sangat membutuhkan tenaga engineer Teknik Listrik
  4. Keputusan menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor : 2052/K/40/MEM/2001 tentang standarisasi kompetensi ketenagalistrikan.
  5. Sudah terlaksananya MOU antara Politeknik Negeri Ujung Pandang dengan stakeholder diantaranya PT PLN (Persero) Wilayah SULSELRABAR, IATKI Wilayah SULSELRABAR, PT Semen Tonasa
Visi & Misi
Visi Program Studi S1 Terapan (D4) Teknik Listrik

Menjadi Program Studi S1 Terapan (D4) Teknik Listrik sebagai tempat pendidikan vokasi dibidang ilmu ketenagalistrikan yang mandiri, menghasilkan luaran kompeten yang unggul dan berakhlak mulia

MisiProgram Studi S1 Terapan (D4) Teknik Listrik :

  1. Menghasilkan lulusan/tenaga kerja yang profesional berjiwa wirausaha dan berkarakter.
  2. Mengembangkan sikap dan budaya profesional dalam proses belajar mengajar bagi pengajar, mahasiswa dan staf pendukung.
  3. Menciptakan suasana kerja dan akademik yang lebih kondusif dan komunikatif
  4. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui pengembangan teknologi dan ilmu pengetahuan terapan
  5. Menjadikan Program Studi S1 Terapan (D4) Teknik listrik sebagai pusat pelatihan bidang kelistrikan, dengan melibatkan pengguna (stakeholder) dalam memperbaiki kualitas dan budaya kerja profesional yang berkelanjutan
  6. Memperkuat   kerja   sama   dengan  industri  dan institusi terkait, serta memberikan kepuasan bagi lulusan, pengguna (Industri, institusi & Masyarakat) terhadap lulusan, kerja sama yang terjalin dan pelayanan jasa lainnya.
Program Kerja
Spoiler content
Prestasi
Spoiler content